RITA ROSIDAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SEDOTAN  (tantangan menulis 365 hari gurusiana hari ke 10)

SEDOTAN (tantangan menulis 365 hari gurusiana hari ke 10)

Sedotan yang selalu dipakai sekarang ini adalah sedotan plastik yang sekali pakai langsung dibuang. Sekilas sepertinya biasa–biasa saja. Sedotan ini sekilas tidak akan menimbulkan masalah. Penghubung minuman ke dalam mulut ini asalnya berbentuk lurus saja. Seiring dengan perkembangan zaman, alat ini mengalami perubahan. Perubahan ini merupakan inopasi dari yang sudah ada.

Inopasi ini terinspirasi manakala seorang yang sakit tidak bisa bangun, tetapi  mau minum . Untuk minum ini kalau pakai sedotan yang lurus, ternyata tidak bisa. Air yang mengalir dalam sedotan ini terhambat karena sedotannya tertekuk.  Hal ini menjadi masalah.

Masalah yang terjadi menjadi inspirasi  datangnya ide, maka lahirlah sedotan yang bisa ditekuk. Itulah sedotan inopasi. Karena kepraktisannya maka hampir setiap orang suka memakainya. Dari kepraktisan itulah maka sedotan palstik ini selalu digemari dan dipakai.

Dari kepraktisan ini maka muncul masalah pada lingkungan hidup, Hal ini terjadi karena ketidak disiplinan masyarakat dalam membuang limbah ini. Dari ketidak disiplinan ini maka timbul masalah pada lingkungan. Masalah yang timbul ini sampai muncul video kura-kura yang hidungnya kemasukan sedotan. Mengerikan dan menyedihkan sekali. Ini bukti bahwa masyarakat kita ada yang membuah limbah ini ke perairan.

Masalah yang terjadi ini menggiring para pencinta alam untuk terus menyerukan untuk menjaga lingkungan, dan menghasilkan karya-karya  yang inovatif untuk menjaga lingkungan ini, salah satunya adalah diproduksinya sedotan dari logam yang bisa dicuci sehingga bisa dipakai berulang-ulang. Terobosan ini sangat bagus, dan sangat bermanfaat. Jika setiap orang menggunakan sedotan yang bisa dipakai berulang-ulang maka limbah sedotan plastik tidak akan ada.

Menjaga lingkungan hidup adalah kewajiban kita semua, tidak pilih-pilih orang, tidak pilih-pilih jabatan dan tidak pilih-pilih kasta. Bumi kita adalah tempat tinggal kita, jadi seharusnyalah kita merawat dan menjaganya supaya tetap sehat. Kalau bumi sehat maka bumi akan memberikan imbalan kepada kita tanpa diminta. Imbalan itu adalah tersedianya air yang bersih, tersedianya udara bersih, pemandangan yang nyaman, sehingga makhluk hidup di bumi akan nyaman dan sehat juga. Yuk kita mulai beralih dengan memakai sedotan yang bisa dipakai berulang-ulang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ada aja idenya

06 Jul
Balas

alhamdulillah

07 Jul

alhamdulillah

07 Jul

Keren Bun menginspirasi tulisannya

06 Jul
Balas

alhamdulilah

07 Jul



search

New Post